Selasa, 16 Juni 2020 telah dilaksanakan Pelatihan Pembuatan Kompos dan Kerajinan Daur Ulang Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2020. Dengan peserta pelatihan terdiri dari unsur Pokja III TP PKK Kecamatan dan desa binaan. Dalam pelatihan tersebut peserta diberikan materi tentang Zat Gizi dengan imunitas, Pekarangan adalah sumber pendapatan keluarga, serta pelatihan Takakura.

Sebagai salah satu upaya untuk memberdayakan potensi dan bahan yang ada di sekitar, maka pengembangan ketrampilan dalam mengolah atau sampah rumah tangga yang ada di sekitar kiranya patut mendapat perhatian bersama. Hal ini tidak saja didasari oleh kenyataan bahwa banyak limbah rumah tangga dilingkungan kita yang kurang mendapat perhatian. Dengan bekal kemauan dan kreatifitas peserta pelatihan, limbah sampah rumah tangga dapat diolah menjadi benda-benda yang berguna dan berkualitas seperti pembuatan kompos sebagai pupuk pertanian dan pemanfaatan daur ulang sampah plastik menjadi benda souvenir yang cantik.

Pada sesi materi Pekarangan adalah sumber pendapatan keluarga, narasumber menekankan agar para peserta pelatihan senantiasa memberdayakan lahan yang selama ini kosong untuk menjadi lebih produktif dengan menanaminya dengan macam – macam jenis sayur maupun buah yang waktu panenya relatif cepat. Sehingga dapat menunjang kebutuhan sehari-hari meskipun masih dalam suasana pandemi COVID-19. Ditambahkan pada materi Pelatihan Takakura, peserta juga dibekali cara membuat pupuk kompos dengan memanfaatkan limbah rumah tangga atau yang akrab dikenal dengan limbah dapur. Peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut karna lingkupnya juga sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Dalam suasana pandemi COVID-19 menuju new normal peran wanita justru semakin penting karena menjadi garda terdepan keluarganya. Seorang Ibu berperan menjadi chef, houskeeping, dokter, dan profesi lainnya dalam rangka melindungi keluarga tercinta. Maka pilihan bijak adalah dengan memanfaatkan lahan pekarangan menjadi sumber pendapatan dan mengolah limbah limbah rumah tangga menjadi pupuk kompos keluarga.

 

Materi dan video pelatihan dapat Anda download pada link berikut : https://s.id/materipokja3

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tentang TP PKK Kab. Cilacap

Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap di harapkan akan mewujudnya keluarga yang beriman & bertaqwa kepada Tuhan YM. Berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, lahir dan batin

Instagram PKK Cilacap

© 2020 – PKK Cilacap. Dev by Sarwono.

Scroll to Top